Header Ads

Istilah - Istilah di Internet

Internet adalah suatu hal yang sangat melekat di dalam kehidupan kita,tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kita sangat membutuhkan internet,dan pada kesempatan ini saya ingin memposting hal yang lebih berguna dari pada waktu sebelumnya,yaitu saya ingin memposting "Istilah - Istilah Internet"dari sumber - sumber yang terpercaya Cekidot.


1. Web Browser
      Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.
2. Contoh -contoh Web Browser


  1.  Mozilla Firefox – link, yaitu dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut.
  2. Internet Exporer – link, yaitu Web browser besutan Microsoft Corporation biasanya dikenal dengan nama pendek IE, sejak 1995 IE mulai di masukan sebagai default sotware pada saat instalasi Sistem Operasi Windows, sejak tulisan ini dibuat IE belum lama ini meluncurkan versi IE8.
  3. Opera – link, yaitu Opera dikembangkan oleh Opera Software company adalah salah satu Web Browser dan juga Internet Suite. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox.
  4.   Safari – link, yaitu Dibuat oleh Apple Inc, perusahaan yang juga memproduksi komputer Macintosh, iPod, dan juga iPhone. dibangun dengan browser engine WebKit, WebKit juga adalah browser engine pertama yang lulus test Acid3.
  5.  Flock – link, yaitu Flock adalab web browser yang dibangun dengan code mozilla frefox yang web browser ini khususkan menyediakan social networking dan Web 2.0. Flock didesain untuk memudahkan aktivitas online pengguna internet mengatur beberapa social networking, web mail, news feeds dan blogs yang mereka miliki. Dengan Mengunakan Flock mereka dapat dengan mudah menjelajah, berbagi, dan menikmati content maupun menjalin hubungan di situs pertemanan yang mereka inginkan.
 3. E-mail
Email (Elektronik Mail) merupakan surat elektronik yang digunakan untuk mengirim surat/file melalui jaringan komputer dan internet.
Dengan email kita bisa berkirim surat dan file dengan sangat mudah dan
cepat dalam hitungan detik meskipun jaraknya sangat jauh bahkan antar
negara dan benua.

Saat ini kebutuhan akan Email sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang karena kepentingannya yang sangat banyak baik untuk berkirim surat/file, alat komunikasi, alamat kontak, sign in jejaring sosial dan website, dll.
4.Contoh E - Mail Provider
1.Gmail
  mail.google.com

Gmail merupakan layanan email dan chat dari Google Inc. yang ditemukan oleh Paul Buchheit. Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan hingga
10 GB dengan perlindungan terhadap kotak masuk spam.
Gmail juga dapat mengirimkan attachment(lampiran) sampai 25MB per email dan fitur-fitur menarik termasuk pengelompokan email masuk sehingga mudah untuk dilihat. Sejak di launching 1 April 2004 sudah 500 juta lebih orang menggunakan Gmail



2. Yahoo!Mail
    mail.yahoo.com

Yahoo!mail merupakan layanan gratis dari Yahoo dengan kapasitas
penyimpanan hingga 5GB. Rocketmail dan ymail juga merupakan
bagian
dari Yahoo!Mail.
Yahoo!mail diluncurkan pada 8 0ktober 1997 dan saat ini lebih dari
300 juta akun yahoo mail digunakan. 



3. Outlook.com / MSN/ Hotmail
 https://www.outlook.com

Outlook.com merupakan web berbasis email milik microsoft. Corp
dan merupakan layanan email terbesar kedua. Diluncurkan pada 4 juli 1996 (Hotmail) 31 juli 2012 (Outlook) dan saat ini sudah melayani lebih dari 420 juta pengguna di seluruh dunia. Outlook merupakan versi terbaru dari Hotmail, Windows Live Hotmail, Msn Hotmail dari Microsoft Walaupun begitu kita tetap bisa mengakses akun email hotmail, msn email terdahulu dan membuat akun baru dengan domain outlook, hotmail dan live.com.
3. AOL Mail / AIMMail
 mail.aol.com

Aol mail atau disebut juga AIM mail merupakan layana email gratis dari AOL (American Online) .
Aol menyediakan kapasitas  penyimpanan hingga 5GB dan perlindungan terhadap spam.
Diluncurkan pada 21 maret 1993 dan saat ini tersedia dalam 54 bahasa.

4. Mail.com
    www.mail.com
    
   
Mail.com merupakan layanan email berbasis web dan portal milik United Internet.
  Mail.com menyediakan penyimpanan sebesar 2GB dan perlindungan terhadap spam. 

5. GMX.Mail
    www.gmx.com 

GMX Mail merupakan layanan email gratis dari GMX (Global Mail Exchange) milik United Internet  yang berbasis di German. Gmx mail menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 5GB dengan 50MB kapasitas per email dan perlingdungan terhadap malware dan spam 
 5. Bandwith


Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data.
Bandwidth komputer dalam jaringan komputer, bandwidth ini sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate, ialah jumlah data yang bisa dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam hitungan detik). Bandwitdh pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam bits per second (bps).

 6. Broadband


Broadband adalah suatu service jaringan internet yang dapat menyediakan kebutuhan seperti streaming audio dan video, yang dapat kita saksikan melalui Komputer baik di rumah atau mobile dengan notebook. Maksudnya streaming audio contohnya seperti mendengarkan radio yang dipancarkan tanpa melalui media konvensional seperti saat ini yang sedang kita dengarkan yaitu lewat gelombang radio dimana ada pemancar broadcasting dan ada radio penerima, yg mana apabila melalui radio konvensional saat ini ada kekurangannya yaitu hanya dapat menjangkau di suatu lokal daerah tertentu saja umpamanya ada pemancar radio di daerah jabotabek, hanya dapat di terima di daerah jabotabek ini pula, juga tergantung dari daya atau kekuatan pemancar radio tersebut.tetapi bila menggunakan jaringan internet khususnya menggunakan broadband network ini, suatu pemancar radio setempat dapat di dengarkan bahkan ke seluruh dunia, melalui jenis service ini.Begitu pula dengan maksudnya streaming video, sama seperti tadi ada pemancar TV seperti umpama RCTI, SCTV, dll yg dapat kita saksikan melalui TV, nantinya akan bisa kita saksikan di komputer atau notebook melalui jaringan Internet broadband network ini. 
7. Attachment
Attachment merupakan media yg disediakan pada sebuah web atau email utk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, & dokumen yang lain yg kemudian akan diunggah ke internet. 

Dengan adanya attachment sangat memudahkan kita apabila misalnya ingin bertukar informasi atau mengirim dokumen penting, sebab yg butuh hanyalah mengupload dokumen tersebut ke server, sehingga orang lain sudah dapat mendownloadnya dari lokasi lain.
 8. Client


Client adalah komputer yang terdapat dalam jaringan komputer, yang menggunakan berbagai macam sumber daya yang telah disediakan oleh server. Bisa juga definisi client adalah Pemakai layanan server. Pada prinsipnya client dan server merupakan suatu sistem yang merupakan aplikasi pada jaringan komputer yang saling terhubung atau berhubungan.
9. Server
Server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan berbagai macam jenis-jenis layanan tertentu yang di tujukan untuk client dalam suatu sistem jaringan komputer.  Server dilengkapi oleh sistem operasi (OS) yang khusus untuk mengontrol ataupun memonitor akses dan juga sumber daya yang terdapat di dalamnya. Lalu selain itu server didukung oleh prosesor yang bersifat scalable serta RAM yang berkapasitas besar, dan dilengkapi oleh sistem operasi yang khusus, disebut sebagai sistem operasi jaringan komputer.

Server juga menjalankan perangkat-perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan komputer dan sumber daya yang ada di dalamnya, seperti misalnya berkas ataupun pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota-anggota jaringan komputer.
 10.Upload

Upload adalah sering dikatakan juga dengan Unggah, yaitu merupakan suatu cara untuk mengirimkan File (contohnya seperti file: gambar, program, musik, dokumen pdf, dan lain-lain) dari komputer pribadi ke sebuah sistem Server dan file atau data akan di publikasikan di internet sehingga data yang telah di upload dapat dilihat dan diambil (download) oleh orang lain atau orang banyak.

Atau definisi Upload yang lainnya adalah suatu proses transmisi sebuah file atau Data dari sebuah sistem komputer pribadi ke sistem komputer yang lainnya (server) dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari jaringan internet, user yang melakukan proses upload yaitu proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang meminta file. Singkatnya proses transmisi atau pengiriman file ataupun data, dari komputer pribadi ke jaringan internet
 11. Download


Download adalah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user/pengguna yang melakukan proses download (unduh) yaitu proses dimana seorang user meminta atau menrequest sebuah file dari sebuah komputer lain (seperti: web site,server atau yang sebagainya) dan lalu menerimanya. Dengan kata lain, download adalah transmisi file dari  internet ke komputer client/pengguna dapat dikatakan juga proses penerimaan atau pengambilan file dari internet/server ke komputer pribadi 
 12. Domain Name


Domain name adalah, Bagian yang membentuk IP address pada Internet. Domain name terdiri dari dua bagian atau lebih yang terpisah oleh tanda titik.
 13. Dial - Up
Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak.Dial Up adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem 
14. FTP


FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server. 
15. Hacker

Hacker adalah Seorang yang mempunyai keinginan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kerja suatu system, komputer atau jaringan komputer, sehingga menjadi orang yang ahli dalam bidang penguasaan sistem, komputer atau jaringan komputer.
16. E-Commerse


Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet
17. E-Banking
Perbankan Elekronik atau E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini dapat di definisikan sebagai jasa dan produk bank secara langsung kepada nasabah melalui elektronik, saluran komunikasi interaktif
18. E-Government

E-government adalah pemakaian atau penggunaan teknologi informasi yang meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain. Atau definisi e-government yang lainnya adalah merupakan kependekan dari “elektronik pemerintah”, dapat dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah ataupun pemerintah transformasi.
19. Homepage


Pengertian homepage adalah halaman muka dari seuatu situs web (web site), atau lokasi dari situs web di mana dokumen web dapat diakses. Definisi yang lainnya yaitu halaman default yang telah diset untuk sebuah browser, dimana halaman ini ditayangan di Internet melalui media World Wide Web (WWW). Biasanya digunakan orang untuk mempromosikan berbagai informasi, jasa, produk, dan yang lainnya. Atau lebih singkatnya homepage
20. HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman  standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser)

Terimakasih telah membaca pos saya ini,dan saya ucapkan terimakasih kepada blogger yang telah saya repost, dan semoga di kemudian hari saya akan memposting yang lebih berguna dan tidak repost,dan yang terakhir saya sangat memohon maaf sebesar - besarnya jika ada kesalahan, See You Next Time "Salam Tempe".

 Dan jangan lupa kunjungi blog blog di bawah ini
Sources:
https://rahma099c.blogspot.co.id/2013/01/web-browser.html?showComment=1484191512571

https://panicatcampus.blogspot.co.id/2013/07/13-situs-penyedia-layanan-email-gratis.html?showComment=1484193499000#c2821073415674195100  

http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-bandwidth-dan-fungsinya.html

https://adaadalah.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-broadband-broad-bandwith-adalah.html?showComment=1484194531736#c405681116967974336 

http://www.pintarkomputer.org/2016/01/pengertian-attachment-dan-fungsinya.html

http://www.pengertianku.net/2014/07/pengertian-server-dan-client.html 

http://www.pengertianku.net/2014/11/pengertian-download-dan-upload-secara-lebih-lengkap.html 

http://www.g-excess.com/pengertian-domain-name-adalah.html 

http://pangeranarti.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dial-up-lengkap.html

http://www.nesabamedia.com/pengertian-ftp/

http://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-hacker.html

https://suiryuk.wordpress.com/2012/10/17/pengertian-e-commerce/

https://www.it-jurnal.com/pengertian-e-banking/

http://www.pengertianku.net/2014/12/inilah-pengertian-e-government-dan-contohnya.html

http://www.pengertianku.net/2014/11/definisi-atau-pengertian-homepage-dan-fungsinya.html

http://mypctutorel.blogspot.co.id/2013/11/pengertian-dan-fungsi-html-hypertext.html

mohon maaf apabila ada yang tidak tercantum 😀😍😀😀

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.